Tanda Kehamilan Muda Normal

Tanda-tanda Kehamilan Muda Normal

Selamat pagi selamat berbahagia khususnya kamu yang lagi bahagianya sama seperti aku. bahagia karena apa?? Because Allah langsung percaya menitipkan anugerah terindah ditengah-tengah keluarga baru dan keluarga bahagia. cerita sedikit aku dengan suami kenal bulan desember 2017 dengan nggak sengaja kenal di sosmed. Nggak nyangka banget januari 2018 dia ngajak aku nikah. Kaget pasti seneng juga ada tapi kaya percaya nggak percaya juga. singkat cerita bulan april 2018 aku dilamar bulan mei tepatnya tangal 12 Mei 2018 Alhamdulillah Ijab Kabul dan resepsi berjalan lancar. singkat cerita aku dan suami langsung tinggal dirumah sendiri yang masih ngontrak. beberapa hari jadi penganten baru datanglah bulan Ramadhan ya nikmatnya double-double puasa ada yang nemenin dan tidur nggak sendiri lagi.hehee
singkat cerita ya say 4 hari dari ijab dan selama 4 hari aku berhubungan suami istri aku Haid pertengahan bulan Mei dan aku tau masa subur wanita setelah datang Haid. minum susu penunjang program hamil dan makanan sehat aku makan. bulan juni yang harusnya aku haid tanggal 14 karena aku nggak sabar udah nyolong start cek pake tespeck dan hasilnya Garis 2 tapi yang 1nya samar kaya ada dan kaya nggak ada gitu. aku nanya temen aku bidan katanya tunggu aja cek lagi waktu sudah telat. pas telat seminggu aku penasaran donk dan baru inget waktu siang bada dzhur. Walaupun aku tau cek yang paling akurat dan bagus ya waktu bangun tidur. Bismillah aja deh siang aku cek daaaaan Alhamdulillah Garis 2 jelas itu nunjukin kalau hasilnya positif. Belum sempet cerita kesuami..aku sorenya minta anter kebidan karen masih penasaran dan ya Alhamdulillah hasilnya bener positif.

Tanda awal hamil  sehat berhubungan sekali antara ibu dan janin.Tanda kehamilan muda yang sehat dan normal dipengaruhi oleh berat badan ideal yang dimiliki ibu, nutrisi yang seimbang dan juga olahraga yang tepat selama kehamilan disesuaikan dengan usia janin.
Tanda kehamilan yang sehat umumnya dialami oleh kebanyakan wanita yang sedang hamil. Kondisi normal yang dialami pada saat minggu pertama kehamilan/usia kehamilan muda. Apa saja yang menjadi tanda-tanda hamil yang sehat?

Inilah tanda-tanda kehamilan muda normal sehat yang harus anda ketahui:
1. Berat Badan Ibu Hamil
Ketika anda positif hamil melalui serangkaian test yang dilakukan. Anda dapat konsultasikan kondisi anda ke bidan atau dokter kandungan.
Dokter akan menyarankan kenaikan berat badan 13-15 kg pada wanita yang sedang hamil. Sedangkan bagi wanita yang memiliki kelebihan berat badan, dokter memiliki anjuran tersendiri selama masa kehamilan agar ibu dan janin tetap terjaga kesehatannya.

2.  Kondisi Hormon
Perubahan yang dialami selama kehamilan baik secara fisik ataupun psikis dapat terjadi karena adanya perubahan hormon yang terjadi pada wanita hamil. Salah satu perubahan hormon yang terjadi adalah hormon progesteron yang dapat mencapai 400 mg saat wanita hamil.
Selanjutnya hormon yang mengalami perubahan adalah hormon estrogen yang mempunyai peranan penting bagi wanita hamil yaitu fungsinya untuk membentuk jaringan dan menampung janin di dalam perut ibu.

3.Tekanan Darah dan Kadar Gula Ibu Hamil

Pada saat hamil , anda tidak perlu khawatir apabila mengalami perubahan tekanan darah atau kadar gula darah. Hanya saja tidak berubah secara dramastis. Parameter dua hal ini yaitu kadar gula darah dan tekanan darah sangat penting kesehatan ibu dan janin.
Sedangkan bagi ibu hamil yang mengalami tekanan dan gula darah yang berubah selama kehamilan sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kandungan atau bidan. Terlebih bagi anda yang memiliki riwayat  gangguan kesehatan.

4.Rahim dan Plasenta
Kehamilan yang sehat ditandai dengan plasenta dan rahim yang sehat. Kondisi janin di dalam kandungan yang aman dipengaruhi oleh plasenta dimana tempat melekatnya dinding rahim.
Menjaga rahim dan plasenta yang sehat dapat dilakukan jauh-jauh hari sebelum kehamilan dengan cara menjaga gaya hidup sehat. Bagi anda yang memiliki riwayat kesehatan berhubungan dengan rahim dapat berkonsultasi dengan dokter sebelum merencanakan kehamilan.

5.Pertumbuhan Janin
Selanjutnya kondisi kehamilan yang sehat dipengaruhi oleh pertumbuhan janin. Pemeriksaan yang dapat memantau kondisi janin adalah dengan melakukan pemeriksaan USG, apabila terdapat tanda gangguan kehamilan misalnya yang berhubungan dengan kekurangan oksigen di dalam rahim sebaiknya diwaspadai dan berkonsultasi dengan dokter.
Pertumbuhan janin yang tidak sehat selain membahayakan bayi di dalam kandungan dapat juga membahayakan ibu hamil misalnya saja fungsi plasenta yang terganggu yang beresiko meningkatkan gangguan kesehatan.

6. Pergerakan Janin
Memasuki usia kehamilan yang semakin membesar,melakukan pemeriksaan ukuran perut dan pergerakan janin sangat penting. Anda dapat melakukan pemeriksaan pada usia kehamilan minggu ke 6 dan juga minggu ke 10.Ibu hamil akan mengalami pergerakan janin yang dianggap sebagai tanda kehamilan yang sehat dan menerima pasokan oksigen yang cukup.
Itulah tanda-tanda kehamilan muda yang sehat dan normal , bagi anda yang ingin tetap menjaga kesehatan anda dan janin selama kehamilan konsultasikan perubahan yang terjadi selama kehamilan kepada bidan atau dokter .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EVALUASI dan PENGENDALIAN STRATEGI

INSTRUMEN PASAR MODAL ( SAHAM ,OBLIGASI, DAN WARAN)

Efisiensi Alokasi dan Distribusi Pendapatan